CALL ME ON WA 085737066571

Minggu, 05 Agustus 2012

Memproteksi Cell, Baris, atau Kolom pada Microsoft Office Excell 2007/2010


Bagi sebagian besar orang yang bergaul dengan pengolahan angka memanfaatkan ms Excell, sangat penting untuk dapat memebrikan perlindungan pada bagian-bagain tertentu dari muatan yang ada pada beberapa cell dalam sheet tertentu, atau beberapa sheet dalam suatu file.
Berikut ini saya akan mencoba untuk memberikan sedikit mengenai vara membuat proteksi  cell tersebut.
1.      Langkah pertama yang kita perlu lalukan adalah membuata sebuah file. Bauk yang baru maupun file lama (file yang sudah di buat terlebih dahulu).  Ketika file yang hendak di proteksi cell, Baris, maupun kolomnya telah terbuka. (untuk contoh berikut saya ambil file yang telah jadi)
2.      Pada file yang berjudul calon siswa di atas, saya ingin memproteksi bagain yang ada di dalam kotak, karena isi dari kotak tersebut telah saya buat dengan menggunakan serbagai persamaan (seperti yang terlihat dari cell D8 yang menggunakan persamaan *=VLOOKUP(L7,'identitas siswa'!A8:E135,2,FALSE)* )
Sedangkan cell L7 tidak di proteksi, karena merupakan cell yang digunakan sebagai pengontrol dari tampilan identitas yang tertera dalam kotak (box).  Sehingga isi dari cell L7 harus tetap dapat di rubah untuk menentukan identitas siswa No berapa yang akan di cetak.
3.      Langkah selanjutnya yang dilakukan adalah memblok semua isi sheet (lihat gambar contoh )! Dapat dilakukan dengan ctrl + a atau klik di atas 1 dan di kiri A.
4.      Pastikan tampilan di Home, cari menu Format, Format cells…
5.      Setelah memilih format cells.. maka muncul jendela baru, yang menampilan format cells. Maka pilih di protection, dan buat agar locked dan hidden menjadi tidak bertanda (tidak ada yang terpilih atau  membuat semua cell menjadi tidak terproteksi ).
Lalu tekan OK.
6.      Ketika masih ada cell yang terproteksi, maka dengan cara di atas (no 5) maka akan dapat hilang semua proteksi yang telah ada sebelumnya.  Untuk memulai proteksi kita langkukan kembali seperti langkah yang tadi pilih bagian yang di Kunci atau proteksi (dalam contoh bagian yang ada di dalam Kotak ).    
7.      Kemudian lakukan langkah sederhana, Pilih tab HOME, FORMAT, FORMAT CELLS.., Protection. Dan berilah tanda Centang pada LOCKED. Ini artinya kita mengunci (Locked) cell yang terblok tersebut.
Tekan OK.
8.      Sesudah menekan OK. Tinggal pilih tab REVIEW, dan di bagian kana kita pilih Protect Sheet, memasukkan Password yang kita ingin set menjadi pelindung cell yang tadi. Seperti biasa setelah memasukkan password kita diminta konfirmasi lagi.
Tinggal  masukkan ulang password yang tadi, dan OK.
9.      Kita sudah sukses menset password pribadi pada cell excel, untuk membuktikan kita bisa.  saja mencoba mengganti atau menulis ulang pada bagian di dalam kotak. Jika keluar peringatan  seperti berikut berarti, kita sukses membuat proteksi pada cell tersebut. Jika masih gagal, kita bisa ulangi langkahnya dari atas.  Dan coba juga menulis pada bagian yang tidak terproteksi (di luar kotak).
SEKIAN SEMOGA BERFMANFAAT !!!


Berlangganan artikel via email :

Delivered by PANDE

Share On:

ARTIKEL YANG TERKAIT:

3 komentar untuk "Memproteksi Cell, Baris, atau Kolom pada Microsoft Office Excell 2007/2010"

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

bagus Pak,,,pertahankan,,,,:)
Dot_Lebih-Duweg.Com

LAMAN TKJ SMK GIRI PENDAWA mengatakan...

tingkatkan mara beneh

 
 
All Right Reserved - life is hard
Design by PANDE_RIO | Powered By Blogger.com