CALL ME ON WA 085737066571

Rabu, 03 April 2013

PENYEBAB KERUSAKAN HARDISK



Segala Jenis Barang Elektronik yang sudah beredar di pasaran, secara umum diproduksi secara masal, sehingga dalam proses produksinya kurang mendapatkan ketelitian. Meskipun Produk-produk yang di lempar ke pasar biasanya di buat berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan secara menyeluruh. Nah karena dalam produksinya secara masal itu, menyebabkan ada saja hasil produksinya yang tidak sesuai dengan standar awalnya.oleh karena itu,  sering dijumpai barang baru yang mengalami kerusakan. Hal ini juga berlaku untuk komponen-komponen komputer maupaun laptop, salah satunya hardisk. Walaupun kekuatan komponen-komponen pada harddisk sangat tergantung pada kulitas pabrikan, tetapi cara penggunaan atau pemakaian harddisk merupakan hal yang paling berpengaruh pada umur komponen-komponen harddisk. Misalnya, pada saat memakai harddisk kita tidak melakukan
procedure parkir sebelum mematikan PC, sehingga posisi head berada di posisi sembarang. Jika head berhenti dan menyentuh permukaan disk tempat data atau system disimpan, bisa dipastikan lapisan magnet penyimpan data tersebut akan rusak.

Berikut ini hal yang biasanya penyebab kerusakan harddisk adalah :
a.       Suhu yang terlalu panas.* Hard disk dengan suhu yang terlalu tinggi     akan sulit melakukan proses pembacaan data. Suhu yang tinggi   tersebut bisa disebabkan oleh sirkulasi udara dalam cpu tidak  lancar, penggunaan computer yang terlalu lama, atau kipas power  supply tidak bekerja. 
b.      Guncangan pada computer.* Guncangan yang keras pada komputer dapat     menyebabkan kerusakan secara fisik pada harddisk. Saat digunakan atau pada saat sedang bekerja, head harddisk mengambang diatas permukaan piringan (platter). Jika terjadi guncangan tersebut, maka head harddisk tersebut akan menyentuh bagian lain dari hard disk, sedangkan disk tersebut sedang berputar dengan sangat cepat. Makabesar kemungkinan kerusakan pada harddisk akan terjadi.
1.       Mematikan / shutdown yang tidak sesuai prosedur. *Pada saat   harddisk sedang bekerja atau masih bekerja, kemudian tiba-tiba    tombol power langsung dicabut ataupun terjadi pemadaman listrik,   maka posisi head akan berada di sembarang posisi. Hal inipun bisa   menjadikan umur harddisk lebih singkat. Bahkan hal ini bisa   menyebabkan kerusakan pada bagian PCB hard disk tersebut.
2.       Power supply yang tidak memadai.* Tegangan dari power suply yang     tidak mencukupi untuk menyuplai hard disk, maka bisa berakibat    kerusakan pada kontroller hard disk dan motor.
Dibawah ini ada beberapa macam tanda yang dapat menimbulkan kerusakan pada harddisk :
a.      Sulit membaca data.* Dalam hal ini sangat bisa terjadi pada kondisi   hard disk yang mengalami bad sector.
b.     Bisa diformat, tetapi tetap tidak dapat dibaca.* Hal ini hard disk   dapat diformat, tetapi pada saat digunakan untuk membaca data, head   kesulitan melakukan tugas ini.
c.      Tidak ada respon atau hang
d.     Terjadi bad sector*. Bad sector adalah daerah pada hard disk yang  sudah tidak dapat digunakan lagi untuk menyimpan data.
e.     Tidak adanya suara mendenging.* Dalam hal ini motor penggerak pada    hard disk tidak bekerja dengan baik.
Dibawah ini merupakan tips yang dapat dilakukan agar hard disk tetap awet :
a.       Berikan sirkulasi udara yang baik pada cpu. Jangan menutup lubang   pada chasing, kalau perlu beri kipas tambahan yang berhembus keluar cpu. Periksa kipas power supply agar tetap berputar.
b.      Letakkan computer pada tempat yang sirkulasi udaranya lancar.
c.       Mematikan secara prosedur, jangan langsung cabut kabel power supply     sementara komputer masih bekerja.
d.      Jangan menggerakkan hard disk ketika computer sedang hidup.
e.      Partisi harddisk.
f.        Jangan dekatkan harddisk pada magnet.

by: pande setiawan i nyoman

Berlangganan artikel via email :

Delivered by PANDE

Share On:

ARTIKEL YANG TERKAIT:

1 Komentar untuk "PENYEBAB KERUSAKAN HARDISK"

 
 
All Right Reserved - life is hard
Design by PANDE_RIO | Powered By Blogger.com