CALL ME ON WA 085737066571

Minggu, 29 September 2013

CLONING USB FLASHDISK DI UBUNTU

Berawal dari request dari seorang temen yang mengingikan 1 copy USB Flashdisk yang berisi installer OS yUeSBi Server 9.2 "Alpha" - Release i386. Sebelumnya dicoba dengan cara copy isi USB Flashdisk ke USB Flashdisk yang lain namun hasilnya nihil. Begitupun dengan cara create iso image tidak menjadi solusi.
Akhirnya berkat bantuan om Google yang mengarahkan saya pada sebuah postingan di ubuntuforum.org
Berikut langkah persiapannya:
  • Pastikan sudah disiapkan usb flashdisk source (master yang akan dikloning) saya sebut flashdisk1 dan usb flasdisk destination (usb flashdisk tujuan) saya sebut flashdisk2. Pastikan juga space yang dimiliki oleh flashdisk2 sama persis dengan flashdisk1. lebih direkomendasikan merek dan tipenya sama persis hee untuk  menghindari perbedaan block sector yang dimiliki flashdisk2 sebagai copy dari flashdisk1.
  • Masukkan flashdisk1 ke usb port, untuk ubuntu akan langsung di mounting untuk melihatnya bisa dicek dengan perintah "df" pada console. misalnya sdc1
  • Masukkan flashdisk2 ke usb port, untuk ubuntu akan langsung di mounting untuk melihatnya bisa dicek dengan perintah "df" pada console. misalnya sdd1
Setelah persiapan diatas ok, yang harus diperhatikan lagi adalah bahwa perintah untuk kloning ini tidak akan berakibat fatal apabila terjadi kekeliruan dalam persiapan diatas.
Langkah selanjutnya adalah menjalankan 1 baris perintah pada console (level root atau sudo terlebih dahulu) sebagai berikut:
dd if=/dev/sdc1 of=/dev/sdd1 bs=4096
sdc1 = flasdisk sumber/master atau flashdisk1
sdd1 = flasdisk tujuan atau flashdisk2
Lamanya proses kloning ini tergantung dari space usb flashdisk yang digunakan, untuk memastikan prose berjalan bisa dilihat dari lampu indicator usb flashdisk (apabila ada). Apabila proses sudah selesai, pastikan informasi yang diberikan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya misalnya jumlah data yang tersalin dari flashdisk1 ke flashdisk2 harus sama persis.
INGAT!! jangan salah menentukan sumber dan tujuan, karena akan berakibat hilangnya data pada flasdisk sumber. dan untuk diketahui perintah diatas tidak akan meminta konfirmasi alias akan langsung dieksekusi oleh sistem.
Detil mengenai perintah "dd" bisa dilihat dengan perintah "man dd" pada console/terminal :)
ok, selamat mencoba dan semoga bermanfaat .

Berlangganan artikel via email :

Delivered by PANDE

Share On:

ARTIKEL YANG TERKAIT:

Belum ada komentar untuk "CLONING USB FLASHDISK DI UBUNTU"

 
 
All Right Reserved - life is hard
Design by PANDE_RIO | Powered By Blogger.com