CALL ME ON WA 085737066571

Kamis, 22 November 2012

BEKERJA DENGAN EQUATION DI OFFICE 2010 (www.tkjsmkgp.blogspot.com)

Mungkin bagi Anda yang sudah terbiasa menggunaan Word 2010 atau versi dibawahnya fitur Equation dan Symbol sudah sering digunakan untuk melengkapi tulisan yang mengharuskan menggunakan futur Equation dan Symbol ini. Dalam menulis sebuah artikel baik yang berhubungan dengan statistik, matematik dimana penulisan rumus-rumus merupakan keharusan.
Penggunaan fitur Equation bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya akan sangat membentu khususnya untuk  menulis rumus-rumus statistik dalam skripsi atau tugas akhir mereka. Karena hampir semua skripsi atau tugas akhir akan menggunakan rumus-rumus statistik seperti regresi linier, anova, dan sebagainya yang salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Equation.
Sedangkan untuk menulis rumus-rumus kimia, fisika dan lain-lain fitur yang banyak digunakan selain Equation adalah Symbol. Fitur ini memang tidak seistimewa Equation , karena fitur Symbol ini semacam karakter khusus sehingga penggunaanya sudah tidak asing lagi bagi pengguna Microsoft Word. Penggunaan fitur Symbol yang paling sering digunakan selain dalam penulisan rumus fisika dan kimia adalah pembuatan style paragraph khususnya untuk Bullet.
Seperti halnya Microsoft Word versi sebelumnya, Microsoft Word 2010, juga menyediakan fitur Equation dan Symbol untuk berbagai keperluan seperti untuk menulis rumus statistik, sedangkan Symbol biasanya digunakan untuk menulis rumus atau lambang tertentu, misalnya Beta, Apla, Lamda,  dan sebagainya.
Sebelum Anda melangkah dan menoba fitur Equation ini pastikan dokumen yang sedang dikerjakan menggunakan format Word 2010 atau beberapa versi di bawahnya. Sedangkan bagi yang masih menggunakan versi Microsoft Word 97 atau Microsoft Word 2003, walaupun dibuka di Word 2010 tetapi belum disimpan dalam format DOCX, fitur Equation tidak akan tampil. Untuk itu pastikan Anda sudah menggunakan dokumen yang menggunakan format Microsoft Word 2010.
Menggunakan Equation
Apakah fitur Equation secara otomatis akan ada di Microsoft Word 2010? Ya. Setelah Microsoft diinstalasi fitur canggih ini secara otomatis akan ada diaplikasi tersebut.
Fitur ini sebenarnya tidak akan berguna apabila berdiri sendiri tanpa disertai keteragan yang berhubungan dengan rumus statistik atau matematika. Sedangkan untuk menggunakan fitur Equation sendiri Anda harus berada di bawah menu Insert Microsoft Word 2010. Selanjutnya klik menu Inesert, setelah itu Anda akan dibwah ke lingkungan
menu Insert tersebut, dan sudah pasti fitur Equation dan Symbol tersebut memang berada dikelompok ikon tersebut.
Bagaimana menampilkan fitur Equation? Dan bagaimana menggunakannya? Sebagai gambaran berikut ini akan dijelaskan langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • Pastikan Anda sedang bekerja dengan Microsoft Word 2010 dan sedang mengerjakan atau menulis dokumen yang berhubungan dengan statistik atau matematika.
  • Klik Insert, setelah itu akan hadir beberapa ikon yang ada di bawah Insert tersebut. Selanjutnya Anda klik ikon Equation, dan pilihan yang berhubungan dengan Equation tersebut tampil di layar komputer Anda. Untuk jelasnya coba perhatikan gambar 1 dimana berbagai pilihan yang berhubungan dengan Equation terlihat dengan jelas.
  • Kemudian untuk melanjutkan pekerjaan Anda, yaitu menyisipkan rumus statistik atau matematik ke dalam dokumen yanag sedang dikerjakan, misalnya Anda akan menyisipkan rumus Quadratic Formula, maka untuk menyisipkan rumus tersebut caranya adalah dengan menempatkan pointer mouse di lokasi yang akan disisipkan rumus statistik tersebut.
  • Dari gambar 1 di atas klik ikon Equation, lalu klik tombol dropdown lalu pilih dan klik Quadratic Formula. Setelah itu rumus yang dimaksud secara otomatis akan berada dalam dokumen yang sedang Anda tangani.
  • Pilihan menu yang berhubungan dengan Equation ini akan tampil apabila Anda sudah menempatkan rumus di dalam dokumen Anda. Kemudian untuk menampilkan menu-menu yang berhubungan dengan Equation tersebut klik salah satu rumus yang sudah berada di dalam dokumen atau artikel Anda, diatas layar Microsoft Word 2010 klik menu Equation Tools, setelah itu program akan menampilkan seperti gambar 1 di atas.

Seperti Anda lihat di Ribbon, banyak fasilitas Equation yang dapat Anda gunakan seperti Fourier Series, Taylor Expansion, dan sebagainya. Jika Anda akan menggunakan salah satu rumus yang diperlukan cukup mengklik ikon yang diperlukan, setelah itu di bawahnya akan tampil pilihan-pilihan yang ada, lalu Anda klik saja rumus mana yang akan digunakan. Setelah itu Anda tinggal mengedit dan memasukkan angka-angka ke dalam rumus tersebut.
Menggunakan Symbol
Bagi sebagian pengguna mungkin fitur yang berhubungan dengan symnol ini relatif jarang digunakan. Karena, seperti halnya Equation, Symbol pun umumnya digunakan untuk penulisan rumus-rumus atau kode-kode kimia tertentu.
Sebenarnya, sejak  beberapa versi sebelumnya Microsoft Word sudah menyertakan fitur Symbol ini, hanya masih relatif terbatas. Fitur Symbol yang ada di Microsoft Word 2010 cukup canggih dan bervariasi, dan tentu saja lebih lengkap.
Bagaimana menggunakan Symbol dan menyisipkannya ke dalam dokumen yang sedang ditangani? Pada dasarnya sama seperti halnya Anda menyisipkan atau memasukan rumus-rumus yang dibuat degan fasilitas Quation, hanya saja Symbol hampir sama seperti halnya menyisipkan karakter khusus seperti lebih besar sama dengan, lebih kecil sama dengan, dan sebagainya.
Sebagai gambaran, berikut ini langkah yang harus Anda lakukan untuk menyisipkan Symbol ke dalam dokumen.  Pastikan Anda sedang mengerjakan dokumen yang berhubungan dengan rumus-rumus kimia, seperti Alpha, Beta, Lamda, dan sebagainya. Selanjutnya tempatkan pointer mouse Anda di lokasi yang akan disisipi dengan karakter khusus berupa symbol, lalu klik Inset, setelah itu di bawah menu Insert terdapat beberapa pilihan yang berhubungan dengan Symbol. Kemudian klik salah satu Symbol yang akan digunakan.
Sebenarnya secara tidak sengaja mungkin Anda sudah pernah menggunakan fitur Symbol dalam dokumen atau artikel Anda, seperti ketika Anda membuat style Paragraph, Bullet, dan sebagainya. Karena seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa fitur Symbol ini hampir mirif dengan penggunaan karakter khusus seperti penulisan mata uang, anak panah ke kiri, anak panah ke atas, dan sebagainya.
Kesimpulan
Dengan fitur Equation penulisan rumus-rumus statistik, matematik yang sebelumnya sangat sulit membuatnya, kini semuanya bisa dikerjakan dalam waktu yang relatif singkat dan hasilnya sangat semurna. Begitu juga dengan fitur Symbol penulisan rumus fisika, kimia dan lain-lain juga bisa dikerjakan dengan judah dan cepat.
 

Berlangganan artikel via email :

Delivered by PANDE

Share On:

ARTIKEL YANG TERKAIT:

1 Komentar untuk "BEKERJA DENGAN EQUATION DI OFFICE 2010 (www.tkjsmkgp.blogspot.com)"

 
 
All Right Reserved - life is hard
Design by PANDE_RIO | Powered By Blogger.com