CALL ME ON WA 085737066571

Selasa, 20 November 2012

TRIK MENGATASI LAPTOP YANG TIDAK BISA BOOTING


Jika laptop maupun PC anda tidak bisa boot ke sistem operasi untuk sebagian mungkin bisa membuat panik, berikut ada beberapa cara atau tips yang bisa dilakukan oleh anda sebelum dibawa ke service center jika kebetulan laptop kesayangan tidak mau masuk ke sistem operasi, tidak bisa masuk ke windows istilah populernya (bagi yang belum kenal OS lain selain windows).

Sebelum mengatasi lapotop sendiri anda harus ingat, apakah laptop anda masih di bawah garansi service, jika jawabannya ya. Saran saya lebih baik dibawa saja ke service center terdekat, namun jika tidak bisa karena alasan jauh, ribet atau karena lain hal anda bisa melanjutkan membaca tutorial saya di bawah.

Perhatikan waktu pertama kali laptop dinyalakan, apakah ada tulisan yang tampil di layar? Untuk problem booting biasanya akan tampak tulisan kurang lebihnya seperti ini : boot OS Failure, Operation System not found atau ada tulisan yang tampil tapi gak bisa kebaca saking cepatnya dan laptop langsung restart lagi. Namun jika tidak ada tulisan yang tampak di layar sama sekali ada beberapa yang perlu anda analisa yaitu:

1. Perhatikan bagian cpu laptop, apakah waktu pertama kali tombol ON di tekan cpu beroperasi? Biasanya jika cpu beroperasi akan
terdengan suara berisik kipas pendingin. Jika cpu tidak beroperasi cek bagian batery laptop apakah sudah terpasang dengan benar, ambil charger lalu hubungkan ke sumber listrik kalau-kalau daya laptop habis yang menyebabkan cpu tidak bisa beroperasi. Namun jika anda yakin cpu beroperasi namun layar masih tetap blank, permasalahannya mungkin di LCD. Untuk petolongan pertamanya buka laptop cari kabel fleksibel yang menghubungkan dari cpu ke LCD lalu cabut, semprot menggunakan Contact Cleaner (banyak dijumpai di toko elektronik harganya sekitar 20 ribuan) pasang lagi, test.
2. Jika permasalahannya Boot Failure, langkah pertama masuk ke BIOS periksa keberadaan hardisk apakah masih terdetek atau tidak, jika terdetek posisikan ke First Boot Device, jika hardisk tidak terdetek bukalah casing laptop pastikan hardisk tertancap dengan benar, lalu test ulang.
3. Jika kondisi cpu masih beroperasi namun langkah ke satu sudah dicoba dan hasilnya nihil sementara pakai cara yang kedua untuk masuk bios saja tidak bisa, coba periksa keberadaan RAM laptop anda. Cara paling praktis adalah dengan mencabutnya lalu memasangkannya kembali.

Mati atau Power Failure


Untuk kasus mati yang perlu anda cek pertama kali adalah batery laptop anda.  Kemungkinan batery laptop anda habis total. Coba lakukan pengisian dan tunggu kira-kira 1/2 jam. Penyebab lain adalah adaptor laptop yang tidak berfungsi. Anda dapat cek dengan lampu indikator carger di laptop menyala ketika laptop di kasih adaptor. Jika lampu indikator tidak nyala, ada kemungkinan adaptor yang rusak ataupun konektor power boardyang rusak atau board laptopnya yang rusak. Kemungkinan lain board laptop mati total sehingga menyebabkan laptop mati total sama sekali.




Lampu power nyala tapi layar LCD tidak menampilkan gambar.
Coba cek dengan memasang monitor eksternal pada port VGA di laptop anda. Kemudian hidupkan laptop anda, jika laptop masih mati, kemungkinan kerusakannya adalah VGA, Prosessor, mainboard, IC BIOS, atau RAM yang kotor atau rusak. Coba lakukan cek satu per satu.
Dan jika monitor eksternal hidup dan tampil gambar dengan normal, kemungkinan kerusakan ada di inverter LCD, kabel flexibel LCD, ataupun LCD monitor anda. Jika kerusakan ada di Layar LCD, maka anda harus mengganti Layar LCD tersebut, karena layar LCD tidak bisa diperbaiki.
Masalah Pendinginan Laptop
Permasalahan umum yang sering dihadapi pemakai laptop adalah masalah panas, bagaimanapun juga panas adalah musuh utama dari laptop, hampir 75 % kerusakan laptop disebabkan panas yang berlebihan. Apalagi di dalam casing laptop hampir tidak ada ruang kosong semuanya dipenuhi dengan komponen. Masalah yang sering muncul dibagian ini adalah tersumbatnya saluran pembuangan panas pada heatsink karena tertutup oleh debu. Hal ini menyebabkan panas yang seharusnya dikeluarkan kembali masuk ke dalam laptop. Akibatnya suhu di dalam laptop meningkat dari yang seharusanya diperbolehkan. Hal ini dapat menyebabkan over heating pada VGA chip, Procesor, dan komponen mainboard laptop yang lain.
Masalah Port dan Konektor Power
Masalah ini juga sering terjadi. Hal ini diakibatkan oleh retaknya solderan yang ada di konektor ataupun port tersebut. Retaknya solderan disebabkan oleh panas dan umur dari laptop itu sendiri. Solusinya adalah melakukan solder ulang terhadap bagian yang mengalami keretakan solderan.

Laptop pada dasarnya sudah dirancang untuk mobile, Cuma pada kenyataannya yang di klaim kuat tahan goncangan dan lain sebagainya sama saja dengan barang yang lain yang kian hari makin susut daya tahannya. Semoga bisa membantu.

Berlangganan artikel via email :

Delivered by PANDE

Share On:

ARTIKEL YANG TERKAIT:

2 komentar untuk "TRIK MENGATASI LAPTOP YANG TIDAK BISA BOOTING"

Anonim mengatakan...

Ketika notebook dinyalakan, yang muncul adalah tulisan "no bootable device", bagaimana mengatasinya?

Unknown mengatakan...

Iya saya juga begitu

 
 
All Right Reserved - life is hard
Design by PANDE_RIO | Powered By Blogger.com